Friday, 31 May 2013

Tugas 2 (Mulok) - Safira Azaria I. XI IPA 2


Museum Bank Mandiri




Pada hari Sabtu, 25 Mei 2013, saya dan 8 orang teman saya lainnya pergi mengunjungi Kota Tua dengan tujuan memenuhi tugas sejarah.  Awalnya kami berminat untuk mengunjungi Museum Fatahillah. Namun dikarenakan hari tersebut adalah hari libur waisak, museum tersebut tutup. Setelah berputar-putar akhirnya kami menemukan Museum Bank Mandiri yang ternyata masih buka pada hari libur.

Berdiri tanggal 2 Oktober 1998. Museum yang menempati area seluas 10.039 m2 ini pada awalnya adalah gedung Nederlandsche Handel-Maatschappij (NHM) atau Factorji Batavia yang merupakan perusahaan dagang milik Belanda yang kemudian berkembang menjadi perusahaan di bidang perbankan.

Nederlandsche Handel-Maatschappij (NHM) dinasionalisasi pada tahun 1960 menjadi salah satu gedung kantor Bank Koperasi Tani & Nelayan (BKTN) Urusan Ekspor Impor. Kemudian bersamaan dengan lahirnya Bank Ekspor Impor Indonesia (BankExim) pada 31 Desember 1968, gedung tersebut pun beralih menjadi kantor pusat Bank Export import (Bank Exim), hingga akhirnya legal merger Bank Exim bersama Bank Dagang Negara (BDN), Bank Bumi Daya (BBD) dan Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo) ke dalam Bank Mandiri (1999), maka gedung tersebut pun menjadi asset Bank Mandiri.

Menurut saya, museum ini lumayan lengkap dan sangat besar. Setelah berkeliling selama 3 jam, ternyata kami belum melewati seluruh bagian dari gedung museum. Namun terdapat beberapa kekurangan. Misalkan di ruangan yang agak jauhm benda-benda museum tidak terlalu terawat. Selain itu lampu untuk menyinari diorama tidak menyala, sehingga gambar yang terpampang tidak terlihat jelas.

Di dalam museum terdapat berbagai benda yang digunakan pada perbankan di zaman Belanda. Terdapat kalkulator, buku  jurnal keuangan, mesin atm, brankas dan lain sebagainya. Museum ini menceritakan bagaimana proses teknologi dalam dunia perbankan berlangsung.


Saya tertarik pada kalkulator manual yang digunakan pada era tahun 70-80an. Kalkulator adalah alat yang membantu kita untuk berhitung secara mudah dan cepat. Fungsi kalkulator yang terdapat di kolekssi museum adalah untuk memperhitung uang yang akan masuk di dalam bank.

Berikut adalah video kami di Museum Bank Mandiri

No comments:

Post a Comment