Friday, 31 May 2013

Tugas 2 - Biografi Hisyam Farhansyah Lubis XI IPA 2

            Apa sebenarnya sejarah itu? Kata sejarah berasal dari bahasa Arab, yaitu Syajarotun yang berarti pohon. Menurut bahasa Arab, sejarah ibarat pohon yang terus berkembang dari tingkat yang sederhana ke tingkat yang lebih kompleks. Sedangkan dalam bahasa Inggris, kata sejarah (history) berarti masa lampau umat manusia dan dalam bahasa Jerman, kata sejarah (geschicht) yang berarti sesuatu yang telah terjadi. 
Dengan demikian sejarah berarti suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari sgala peristiwa atau kejadian yang telah terjadi pada masa lampau dalam kehidupan umat manusia.
           Sebagai salah satu bidang keilmuan, mempelajari sejarah pasti memiliki manfaat. Apa saja manfaatnya? Manfaat mempelajari sejarah adalah:

           Kegunaan sejarah yang pertama adalah sebagai edukatif atau pelajaran. banyak manusia yang belajar dari sejarah. belajar dari pengalaman yang pernah dilakukan.pengalaman tidak hanya terbatas pada pengalaman yangdialaminya sendiri,
melainkan juga dari generasi sebelumnya.manusia melalui belajar dari sejarah dapat mengembangkan potensinya. kesalahan pada masa lampau, baik kesalahan sendiri maupun kesalahan orang lain coba dihindari. smentara itu, pengalaman yangbaik justru harus ditiru dan dikembangkan. dengan demikian, manusia dalam menjalani kehidupannya tidak berdasarkan coba-coba saja (trial and error), seperti yang dilakukan oleh binatang. manusia harus berusaha menghindari kesalahan yang sama untuk kedua kalinya.


              Kegunaan sejarah yang kedua adalah sebagai inspiratif. berbagai kisah sejarah dapat memberikan inspirasi pada pembaca dan pendengarnya. belajar dari kebangkitan nasional yang dipeloporii oleh bedirinya organisasi perjuangan yangmodern  di awal abad ke-20, masyarakat Indonesia sekarang berusaha mengembangkan kebangkitan nasional ang ke2. Pada kebangkitan nasional yang pertama, bangsa indonesia berusaha merebut kemerdekaan yang sekarang ini sudah dirasakan hasilnya.
untuk mengembangkan dan mempertahankan kemerdekaan , bangsa indonesia ingin melakukan  kebangkitan nasional yang ke-2 , dengan bercita-cita mengeajar ketertionggalan dari bangsa asing. bangsa indonesia tidak hanya ingin merdeka, tetapi juga ingin menjadi bangsa yang maju, bangsa yang mampu menyejahterakan rakyatnya. untuk  itu, bangsa indonesia harus giat menguasai IPTEK  karena melalui IPTEK yang dikuasai, bangsa indonesia berpeluang menjadi bangsa yang maju dan disegani, serta daapat ikut serta menjaga ketertiban dunia.


             Kegunaan sejaraha yang ketiga adalah sebagai kegunaan rekreatif. kegunaan sejarah sebagai kisah dapat memberi suatu hiburan yang segar. melalui penulisan kisah sejarah yang menarik pembaca dapat terhibur. gaya penulisan yanghidup dan komunikatif dari beberapa sejarawan terasa mampu “menghipnotis” pembaca. pembaca akan merasa nyaman  membaca tulisan dari seajarawan. konsekuensi rasa senang dan daya taraik penulisan kisah sejarah tersebut membuat pembaca menjadi senang. membaaca menjadi media hiburan  dan rekreatif. membaca telah menjadi ibagian dari kesenangan. membaca tealah dirasakan sebagai suatu kebutuhan, yaitu kebutuhan yang untuk rekreatif.
pembaca dalam mempelajari hasil penulisan sejarah tidak hanya merasa senang  layaknya  membaca novel, tetapi juga dapat berimajiasi ke masa lampau. disini peran sejarawan  dapat menjadi pemandu (guide). orang yang ingin  melihat situasi  suatu daerah  di masa lampau  dapat membacanya dari hasil tulisan para sejarawan.

Biografi

             Pada hari jumat tanggal 31 mei 2013 saya berkesempatan untuk mewawancarai salah satu tokoh silat di indonesia yaitu adalah bapak Limonu Katili. Beliau lahir di Jakarta tanggal 25 April tahun 1951. Ia sekarang adalah seorang pendekar silat yang juga mengajar silat di SMP Labschool Kebayoran. Ia sempat bersekolah di fakultas Psikologi Universitas Indonesia.. Ia juga sempat menulis buku dan mendirikan pusat pelatihan silat di belahan benua eropa dan australia. Beliau menikah dengan ibu Enny Irwanny Hulu pada tahun 1986 dan dianugerahi 2 orang anak.



Peranan

             Pada tahun 1965, indonesia tergores oleh tinta hitam kelam di dalam buku sejarahnya. G30S/PKI adalah sejarah berdarah dalam negeri ini yang tidak boleh dilupakan oleh seluruh rakyat indonesia, sebagai pemicu semangat nasionalisme kita.
             Setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945, muncul berbagai organisasi yang membina kader-kader mereka, termasuk golongan kiri dan golongan sosialis. Selain tergabung dalam Pesindo (Pemuda Sosialis Indonesia), Partai Sosialis Indonesia (PSI) juga terdapat kelompok-kelompok kiri lain.
             Pada bulan Mei 1948 bersama Suripno, Wakil Indonesia di Praha, Musso, kembali dari Moskow, Rusia. Tanggal 11 Agustus, Musso tiba di Yogyakarta dan segera menempati kembali posisi di pimpinan Partai Komunis Indonesia. Banyak politisi sosialis dan komandan pasukan bergabung dengan Musso, antara lain Mr. Amir Sjarifuddin Harahap, dr. Setiajid, kelompok diskusi Patuk, dll. Puncaknya adalah pada saat penculikan 7 jenderal dan pembunuhan di daerah lubang buaya. 
            Bapak Limonu Katili sempat merasakan dampaknya secara tidak langsung. Ia sempat tidak bersekolah sekitar kurang lebih enam bulan karena ikut-ikutan berdemo. Saat itu demonya berisi kurang lebih, bubarkan PKI dan turunkan harga. Beliau juga merasakan dampak masa orde lama. Ia berkata bahwa saat itu, pemerintahannya keras dan anti amerika. Untuk mendapatkan uang saja susah, tidak seperti sekarang yang secara kasarnya hanya menjual sampah pun bisa dapat uang. Pada zaman itu tidak berlaku demikian.
                  Orde Lama merupakan sebutan bagi masa pemerintahan yang dijalankan oleh Presiden Soekarno di Indonesia. Ir. Soekarno adalah presiden Indonesia pertama yang menjabat pada periode 1945 – 1966.  Ia adalah Proklamator Kemerdekaan Indonesia (bersama dengan Mohammad Hatta) yang terjadi pada tanggal 17 Agustus 1945. Soekarno menandatangani Surat Perintah 11 Maret 1966 Supersemar yang kontroversial, yang isinya – berdasarkan versi yang dikeluarkan Markas Besar Angkatan darat – menugaskan Letnan Jenderal Soeharto untuk mengamankan dan menjaga keamanan negara dan institusi kepresidenan. Supersemar menjadi dasar Letnan Jenderal Soeharto untuk membubarkan Partai Komunis Indonesia (PKI) dan mengganti anggota-anggotanya yang duduk di parlemen.
                         Orde Lama berlangsung dari tahun 1945 hingga 1968. Dalam jangka waktu tersebut, Indonesia menggunakan bergantian sistem ekonomi liberal dan sistem ekonomi komando. Di saat menggunakan sistem ekonomi liberal, Indonesia menggunakan sistem pemerintahan parlementer. Presiden Soekarno di gulingkan waktu Indonesia menggunakan sistem ekonomi komando. Di pemerintahan Soekarno malah terjadi pergantian sistem pemerintahan berkali-kali. Liberal, terpimpin, dsb mewarnai politik Orde Lama. Pemberontakan PKI pun sebagian dikarenakan oleh kebijakan Orde Lama. PKI berhaluan sosialisme/komunisme (Bisa disebut Marxisme atau Leninisme) yang berdasarkan asas sama rata, jadi faktor pemberontakan tersebut adalah ketidakadilan dari pemerintah Orde Lama.
                         Pada masa Orde lama, Pancasila dipahami berdasarkan paradigma yang berkembang pada situasi dunia yang diliputi oleh tajamnya konflik ideologi. Masa orde lama adalah masa pencarian bentuk implementasi Pancasila terutama dalam sistem kenegaraan. Pancasila diimplementasikan dalam bentuk yang berbeda-beda pada masa orde lama. Pada saat itu, kondisi politik dan keamanan dalam negeri diliputi oleh kekacauan dan kondisi sosial-budaya berada dalam suasana transisional dari masyarakat terjajah (inlander) menjadi masyarakat merdeka.Menurut ahli ketatanegaraan di Indonesia, Indonesia pernah mengalami 5 pergantian system pemerintahan. Dan 4 diantaranya terjadi pada masa orde lama
               Ia juga ikut berperan melestarikan bela diri indonesia yaitu pencak silat. Seni Silat atau Pencak Silat adalah salah satu seni mempertahankan diri bagi bangsa Melayu atauNusantara yang diamalkan sejak berkurun yang lampau. Usia sesebuah ilmu atau salasilah seni silat tidak dapat dihuraikan secara terperinci dan tepat kerana tiada usaha-usaha untuk mengkaji dari pihak berwajib secara mendalam. Ada yang menganggarkan seni ini sememangnya telah berusia beratus-ratus tahun dan diperturunkan dari generasi ke sebuah generasi. Ini termasuklah adanya pengamal-pengamal seni mempertahankan diri ini dari aliran Silat di Malaysia, Filipina, Brunei, Indonesia, dan Thailand. Di Malaysia sahaja telah wujud beratus-ratus tahun yang lampau dan mempunyai pelbagai cara seperti menggunakan senjata atau tanpa menggunakan senjata. Bagi silat yang menggunakan senjata. Senjata-senjata Melayulama yang sering digunakan seperti keris, badik, kerambit, parang, pedang, lading, Tumbuk Lada, tekpi,tongkat, tembong dan sundang. Bagi silat yang tanpa menggunakan senjata, pengajaran akan menumpukan perhatian kepada pertempuran tangan kosong(tanpa senjata).
                 Ia mendirikan pusat pelatihan silat di swiss, jerman dan banyak negara di eropa dan australia. Oleh karena itu ia adalah seseorang yang sangat berpengaruh dalam bidangnya. Tak hanya silat, ia juga pandai dalam menulis.
                     Merangkum semuanya, beliau adalah seorang yang hebat yang dapat menjadi ahli atau bisa saya bilang master dalam bidangnya. Walaupun merasa betapa kerasnya zaman orde lama. Tetapi menurut saya justru itulah yang mendorongnya menjadi seseorang yang bermental baja.

Penutup

                   Sejarah tak dapat dimanipulasi, dilakukan dengan sengaja, atau diulang kembali. Sejarah adalah masa dimana apa yang sekarang terjadi dilihat di masa depan. Apa yang dahulu terjadi dilihat di masa sekarang. Dan apa yang akan terjadi dilihat di masa mendatang. Terkadang pun sejarah kelam sengaja disembunyikan dan sejarah manis akan dikenang selalu. Menurut saya, kita juga butuh sejarah kelam sebagai bahan renungan agar tidak akan terjadi suatu peristiwa kelam di masa mendatang. Sekian tulisan ini saya sajikan, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment