Friday, 31 May 2013

Tugas 2 (Mulok) - Annisaa Nurqomariah XI IPA 3



Pada tanggal 18 Mei 2013, saya bersama dengan Pradipta Kartika, Nurani Rahma dan juga Sekar Saras berkunjung ke salah satu museum terkenal di Jakarta yaitu Museum Fatahillah. Museum ini terletak di Jalan Taman Fatahillah No. 2, Jakarta Barat.

Gedung ini dulu nya adalah sebuah Balai Kota yang dibangun pada tahun 1707-1710 atas perintah Gubernur Jendral Johan Van Hoorn. Bangunan itu menyerupai Istana Dam di Amsterdam, terdiri atas bangunan utama dengan dua sayap di bagian timur dan barat serta bangunan sanding yang digunakan sebagai kantor, ruang pengadilan, dan ruang-ruang bawah tanah yang dipakai sebagai penjara.


Objek-objek yang dapat ditemui di museum ini antara lain perjalanan sejarah Jakarta, replika peninggalan masa Tarumanegara dan Pajajaran, hasil penggalian arkeologi di Jakarta, mebel antik mulai dari abad ke-17 sampai 19, yang merupakan perpaduan dari gaya Eropa, Republik Rakyat Cina, dan Indonesia. Juga ada keramik, gerabah, dan batu prasasti. Koleksi-koleksi ini terdapat di berbagai ruang, seperti Ruang Prasejarah Jakarta, Ruang Tarumanegara, Ruang Jayakarta, Ruang Fatahillah, Ruang Sultan Agung, dan Ruang MH Thamrin.

Sesampai saya dan teman-teman saya di Museum Fatahillah, saya langsung mengelilingi museum tersebut, mungkin faktor dari hari libur juga museum terlihat sangat ramai dan bertepatan juga dengan diadakan nya Jakarta Festival “Museum Day”. Tidak susah bagi saya untuk meminta tolong kepada orang asing untuk membantu saya untuk menyelesaikan tugas mulok ini. Saya menjelaskan kepada anak kecil berusia sekitar 10 tahun tentang lukisan besar yang dibagi menjadi 3 bagian yang menceritakan tentang penyerangan Mataram ke Batavia yang dibuat oleh Sudjojono.



Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Museum_Fatahillah

No comments:

Post a Comment