Friday, 31 May 2013

Tugas 2 (Mulok) - Astrid Levina XI IPA 3


Pada hari Rabu, tanggal 30 Mei 2013, saya bersama teman saya, Ariane Putri Dewanto, pergi mengunjungi Museum Kepolisian Republik Indonesia atau sering disebut Museum Polri saja, yang terletak di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan tepatnya di Jalan Trunojoyo nomor 3.

Museum Polri inisiatifnya dicetuskan oleh Kapolri Jenderal Polisi Bambang Hendarso Danuri dengan tujuan melestarikan nilai-nilai kesejarahan Kepolisian Negara Rl dan pewarisannya pada generasi mendatang. Polisi Indonesia adalah polisi pejuang sejak dicetuskannya Proklamasi Kemerdekaan Rl. Deklarasi Polisi Istimewa di Surabaya tak lama setelah proklamasi kemerdekaan dilanjutkan dengan konsolidasi organisasi kepolisian yang bersifat nasional pada 1 Juli 1946 oleh Kepala Kepolisian Negara Jenderal Polisi R.S. Soekanto, menjadi dasar keunikan sejarah kepolisian Republik Indonesia dibanding institusi kepolisian negara-negara lain.

Polisi adalah petugas keamanan masyarakat yang tentunya tidak bekerja hanya di dalam ruangan saja, namun juga diluar ruangan yakni jalan dan tempat-tempat umum lainnya. Untuk itu, perlu adanya seragam polisi yang mampu mencerminkan identitas dari seorang polisi. Seragam polisi menjadi seragam khusus yang mampu membedakan pegawai keamanan polisi, tentara dan satpam.

Di tugas ini, saya menjelaskan tentang perkembangan seragam Polisi Republik Indonesia sejak tahun 1960 sampai sekarang kepada kak Redgia, seorang polisi wanita (polwan) yang kebetulan sedang berada di dalam Museum Polri. Berikut ini adalah videonya : http://www.youtube.com/watch?v=Hpa7UazzcEQ&feature=youtu.be

Seragam polisi dicirikan dengan bentuk dan desain yang lumayan ketat, hal ini menggambarkan polisi yang rapi, simple juga disiplin. Untuk warna dari seragam polisi yang ada di Indonesia adalah seragam dengan warna atasan cokelat muda dan bawahan berwarna coklat gelap kehitam-hitaman. 

Aksesoris yang terdapat pada seragam polisi adalah simbol pangkat dari yang terendah hingga yang berpangkat paling tinggi untuk membedakan jabatan seorang polisi dan peranan dalam kinerjanya. Semakin tinggi pangkat seseorang, maka semakin tinggi pula kewajiban mempertanggung jawabakanseragam polisi yang dikenakannya.

Dengan mengenakan seragam polisi saat dinas, maka ia telah menerapkan kedisiplinan dengan mengenakan seragam saat bekerja. Manfaat lain dari seragam polisi adalah menunjukkan pada masyarakat yang tengah dalam keadaan bahaya bisa meminta polisi yang ada disekitarnya. Dengan seragam polisi akan membedakan identitas kepolisian dengan identitas TNI dan petugas keamanan lain.

No comments:

Post a Comment