Tuesday, 28 May 2013

Tugas 2 (Mulok) - Avitya Danastri XI IPA 2


Pada hari Selasa tanggal 28 Mei 2013, saya dan teman-teman sekelas saya mengunjungi Museum Polri. Museum Polri berlokasi tidak terlalu jauh dari sekolah, yaitu di Jl. Trunojoyo No.3 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Di dalam Museum Polri terdapat benda-benda bersejarah seputar Kepolisian Negara Republik Indonesia, seperti kendaraan polri, senjata, foto, serpihan bom, dan juga alat-alat penyelidikan yang digunakan Polri.





Dalam perjalanan sejarah Indonesia, Polri turut berperan menumpas berbagai pemberontakan kelompok separatis dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Di masa kepemimpinan Presiden Soekarno, Polri terlibat dalam operasi tempur seperti operasi Trikora dan Dwikora. Di masa kepemimpinan Presiden Soeharto (1967 – 1998), Polri menjadi bagian dari Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI) dan terlibat dalam berbagai operasi militer seperti di Timor Leste, Nangroe Aceh Darussalam, dan Papua. Sejak 1998, pergantian kekuasaan dan perubahan politik Indonesia memberikan dampak pada organisasi Polri. Sebagai institusi kepolisian, Polri berupaya mewujudkan diri sebagai lembaga yang profesional dalam menjalankan fungsi perlindungan dan pelayanan masyarakat. Oleh karena itu saya sangat antusias dan penasaran dengan museum Polri.


 


Saat saya masuk ke dalam Museum, saya sangat senang dan kagum karena fasilitas yang dimiliki museum Polri juga bagus dan terawat dengan baik. Saya pun langsung berkeliling di Museum ini. Di lantai 1 Museum, terdapat alat-alat baku tembak dan juga alat-alat yang digunakan untuk penyelidikan seperti lie detector, camera polaroid, koper identifikasi jari, dan lain-lain. Saat saya melihat-lihat dan berkeliling, saya tertarik dengan suatu benda unik milik Polri pada zaman dahulu, yaitu, koper identifikasi sidik jari. Lalu saya mencoba untuk mencari tahu, benda itu apa. Dan saat itu sedang ada teman saya yang melihat benda itu juga tetapi ia tidak mengerti. Akhirnya saya menjelaskan koper identifikasi  sidik jari itu ke teman saya. Berikut penjelasannya yang dapat dilihat pada link video berikut ini :       


http://youtu.be/SzOq_aA7IkU

Sekian kunjungan ke Museum Polri yang ditujukan untuk tugas mulok, mohon maaf apabila ada kesalahan dan kata yang kurang berkenan. Terima kasih.          

                                                                                                         

No comments:

Post a Comment