Thursday, 30 May 2013

Tugas 2 (Mulok) - Deniza Riski XI IPA 3


Saat ini di Jakarta sudah tidak asing lagi bagi kita untuk menemukan berbagai objek sejarah yang dapat dengan leluasa dikunjungi oleh masyarakat. Salah satunya adalah Museum Bank Indonesia yang beralamat di Jl. Pintu Besar Utara No. 3, Jakarta Barat. Museum ini mulai dibuka untuk masyarakat pada tanggal 15 Juni 2006 dan dapat dikunjungi setiap hari, kecuali hari Senin dan Hari Libur Nasional. Gedung Museum Bank Indonesia ini merupakan gedung bersejarah peninggalan De Javasche Bank dan sebelumnya beroperasi sebagai Bank Indonesia Kota.



Museum ini didirikan untuk melindungi benda-benda dan dokumen-dokumen bersejarah milik Bank Indonesia yang perlu dirawat dan diolah untuk dapat memberikan informasi bagi khalayak luas. Sehingga Museum Bank Indonesia dapat memberikan pengetahuan kepada masyarakat mengenai peran Bank Indonesia dalam perjalanan sejarah bangsa, termasuk memberikan pemahaman tentang latar belakang serta dampak dari kebijakan-kebijakan BI yang diambil dari waktu ke waktu secara objektif. Selain itu, Museum Bank Indonesia didirikan untuk menunjang pengembangan kawasan kota lama sebagai tujuan wisata di DKI Jakarta, serta mendorong perkembangan sektor pariwisata bersama museum-museum lain yang saat ini sudah ada di sekitarnya, seperti Museum Fatahillah, Museum Wayang, dan Museum Keramik.

Meskipun umur gedung sudah sangat tua tetapi kondisi baik luar dan dalam gedung museum sangat terawat dengan baik. Dengan gedung yang beraliran neo-klasikal dan perpaduan berbagai macam teknologi canggih dalam penyajian berbagai koleksi museum, pengunjung dapat menikmati penjelajahan museum dengan sangat menyenangkan.

Disalah satu sudut bagian dalam gedung dapat ditemukan sebuah kaca patri besar yang berada di salah satu ruang tangga. Pada kaca patri tersebut terdapat beberapa gambar dan simbol-simbol yang memiliki arti-arti khusus pada jaman De Javasche Bank ada di Indonesia. Berikut adalah link mengenai artefak tsb :


http://www.youtube.com/watch?v=Ve3AnPXNSkc

Melakukan kunjungan ke Museum Bank Indonesia benar-benar memberikan banyak wawasan mengenai sejarah keuangan dan ekonomi Indonesia serta Bank Indonesia sendiri. Selain itu yang tidak kalah pentingnya, kita dapat lebih mengenal dan memahami sejarah berkembangnya negara kita, Indonesia.

No comments:

Post a Comment