Tuesday, 28 May 2013

Tugas 2 (Mulok) - Dina Ramadhanti XI IPA 2

Minggu, 26 Mei 2013 saya dan beberapa teman saya berkesempatan untuk mengunjungi Museum Bank Indonesia yang terletak di Jalan Pintu Beasr Utara Nomor 3, Jakarta Barat. Museum Bank Indonesia ini terletak di kawasan kota tua dan berada tepat di sebelah Museum Bank Mandiri.
Museum Bank Indonesia ini cukup nyaman dengan fasilitas yang juga memadai, bangunan ini dulunya adalah area bekas gedung Bank Indonesia Kota yang merupakan cagar budaya peninggalan De Javasche Bank. Dengan bangunan yang cukup luas Museum Bank Indonesia menyajikan informasi berupa peran-peran Bank Indonesia sejak sebelum kedatangan negara barat sampai terbentuknya Bank Indonesia yang kita kenal sekarang yaitu pada tahun 1953. Adapula kebijakan-kebijakan Bank Indonesia pada saat krisis moneter melanda Indonesia, keadaan saat terjadi krisis moneter, dan juga terdapat satu ruangan berisi pajangan uang dari masa ke masa dan dari berbagai negara.
Peresmian Museum Bank Indonesia ini dilakukan dua kali, yang pertama dilakukan oleh Gubernur Bank Indonesia pada saat itu yaitu Burhanuddin Abdullah, peresmian dilakukan pada tanggal 15 Desember 2006. Peresmian yang kedua dilakukan oleh Bapak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.
Saat pertama kali datang ke museum ini anda akan melihat seperti loket-loket pembayaran kemudian melewati ruang auditorium lalu anda akan menuju bagian yang menjelaskan tentang sejarah Bank Indonesia seperti perubahan logo yang terjadi, kemudian ada juga yang menjelaskan tentang kebijakan-kebijakan yang diambil oleh Bank Indonesia, terdapat pula sebuah miniatur yang menggambarkan tentang nasionalisasi De Javasche Bank. Setelah melewati penjelasan tentang sejarah Bank Indonesia terdapat ruangan yang menjelaskan tentang uang kertas dan koin yang beredar pada zaman dahulu. Dimulai dari uang kertas dan koin yang pertama kali beredar hingga yang masih berlaku sebagai alat pembayaran yang sah pada hari ini, terdapat pula penjelasan tentang uang-uang tersebut dipakai pada masa kapan dan yang paling menarik perhatian saya yaitu “Uang Bersambung”
Berikut ini link video tugas saya: http://www.youtube.com/watch?v=LuzSHu4ep5E

Sekian kunjungan saya ke Museum Bank Indonesia yang dimaksudkan untuk mengisi tugas mulok, mohon maaf bila ada kesalahan. Terima kasih

No comments:

Post a Comment