Friday, 31 May 2013

Tugas 2 (Mulok) - Hisyam Farhansyah Lubis XI IPA 2

     Pada tanggal 28 Mei 2013, saya dan teman - teman saya mengunjungi Museum Nasional yang beralamatkan di jalan medan merdeka barat nomor 12. Museum itu sering juga disebut - sebut sebagai museum gajah, karena ada patung gajah yang berada di bagian depan gedung museum tersebut. Patung gajah yang berbahan dasar perunggu tersebut merupakan pemberian Raja Chulalongkorn dari Thailand pada tahun 1871, yang kemudian dipasang di areal halaman bangunan museum nasional ini.
    


     Gedung museum ini dibuka untuk umum sejak tahun 1868. Sekarang, di dalamnya sudah terdapat sekitar 141.899 koleksi yang dipecah kedalam 7 jenis koleksi yaitu, prasejarah, arkeologi, keramik, numistik-heraldik, sejarah, etnografi dan geografi.
     Sistem penataan pameran koleksi di gedung lama (unit A) didasarkan pada jenis - jenis koleksi, baik berdasarkan keilmuan, bahan, maupun kedaerahan. Seperti ruang pameran pra-sejarah, ruang perunggu, ruang tekstil, ruang etnografi Sumatera, dan lainnya.
       Sedangkan penataan pameran koleksi di gedung baru (unit B / Gedung Arca) tidak lagi berdasarkan jenis koleksi, melainkan mengarah kepada tema berdasarkan aspek - aspek kebudayaan yang mana manusia diposisikan sebagai pelaku dalam lingkungan tempat tinggalnya. Tema pameran yang berjudul "Keanekaragaman Budaya dalam Kesatuan" ini terdiri dari beberapa subtema antara lain:
  1. Manusia dan Lingkungan
  2. Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Ekonomi
  3. Organisasi Sosial dan Pola Pemukiman
  4. Khasanah dan Keramik
     Gedung unit C direncanakan akan dibanugn untuk memperluas tata pameran yang sudah ada dan untuk melengkapi subtema terakhir yaitu Religi dan Kesenian.

      Salah satu koleksi museum nasional yang akan saya jelaskan adalah boneka patung si gale - gale dari tanah batak karo. Untuk lebih lengkapnya silakan simak video yang akan saya sajikan di sini. http://www.youtube.com/watch?v=y4QihPmyo9U


sumber: wikipedia.org, museumnasional.or.id

No comments:

Post a Comment