Friday, 31 May 2013

Tugas 2 (Mulok) - Muhammad Alen Irnawan B. XI IPA 2



Pada hari Selasa 28 Mei 2013, saya dan teman-teman berkunjung ke Museum POLRI yang berada di Jalan Trunojoyo No. 3 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.  Tanpa diminta untuk membayar biaya apapun, kita sudah bisa masuk untuk melihat koleksi museum ini.

Sedikit sejarah mengenai museum POLRI, Pembangunan Musem Polri dicetuskan oleh Kapolri Jenderal Polisi Bambang Hendarso Danuri dengan tujuan melestarikan nilai-nilai kesejarahan Kepolisian Negara Republik Indonesia dan pewarisannya kepada generasi mendatang.  Polisi Indonesia adalah polisi pejuang sejak dicetuskannya Proklamasi Kemerdekaan RI.  Deklarasi Polisi Istimewa di Surabaya tak lama setelah proklamasi kemerdekaan dilanjutkan dengan konsolidasi organisasi kepolisian yang bersifat nasional pada 1 Juli 1946 oleh Kepala Kepolisian Negara Jenderal Polisi R.S. Soekanto menjadi dasar keunikan sejarah Kepolisian Negara Republik Indonesia dibanding institusi kepolisian negara-negara lain.

Tema kesejarahan tersebut disusun dalam sebuah sudut pandang yang menyajikan tema besar tentang upaya POLRI dalam menyelenggarakan keamanan dan ketertiban serta dinamika internal-eksternal yang mempengaruhi sosok lembaga kepolisian RI.  Melalui Museum Polri, diharapkan muncul gambaran tentang watak kelembagaan Polri yang semakin modern, profesional, dan mandiri sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman.

Peresmian Museum Polri dilakukan oleh Presiden SBY pada 1 Juli 2009, bertepatan dengan HUT Kepolisian Negara Republik Indonesia atau yang lebih dikenal dengan hari Bhayangkara.  Lokasi museum berdampingan dengan Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia.

Museum Polri menampilkan ribuan foto dan berbagai benda bersejarah yang disajikan secara baik dan dilengkapi dengan fasilitas multimedia interaktif.  Museum ini terdiri dari beberapa ruang display, yaitu Ruang Koleksi dan Peristiwa, Ruang Sejarah, Hall of Fame, Ruang Kepahlawanan, Ruang Simbol dan Kesatuan, Ruang Penegakan Hukum dan Kids Corner.

Di museum ini, saya berkesempatan untuk menjelaskan salah satu senjata koleksi museum kepada teman saya, Ega Adiwena.  Berikut saya lampirkan video penjelasan saya : http://youtu.be/f2tyDo373nQ

No comments:

Post a Comment