Friday, 31 May 2013

Tugas 2 (Mulok) - Nadya Luthfiyah

Pada hari Minggu, tanggal 26 Mei 2013, saya bersama teman-teman saya pergi mengunjungi Museum Bank Indonesia yang merupakan salah satu Museum tercanggih di Jakarta. Museum ini terletak di kawasan Kota Tua, tepatnya di Jl. Pintu Besar Utara No.3, Jakarta Barat, yang merupakan area bekas gedung Bank Indonesia Kota yang merupakan cagar budaya peninggalan De Javasche Bank.

Museum ini berisikan informasi peran Bank Indonesia dalam perjalanan sejarah Indonesia yang dimulai sejak sebelum kedatangan bangsa barat di Nusantara hingga terbentuknya Bank Indonesia pada tahun 1953 dan kebijakan-kebijakan Bank Indonesia, meliputi juga latar belakang dan dampak kebijakan Bank Indonesia bagi masyarakat sampai dengan tahun 2005.

Informasi-infromasi tersebut disajikan sedemikian rupa dengan  menggunakan teknologi modern dan multi media, seperti display elektronik, panel statik, televisi plasma, serta diorama-diorama. Pada gedung Museum ini terdapat pula fakta, dokumen dan koleksi benda bersejarah pada masa sebelum terbentuknya Bank Indonesia, seperti koleksi uang kuno dari seluruh penjuruh Indonesia serta dari berbagai negara di dunia.

 
Prasasti di Museum Bank Indonesia

Di teras lantai dua gedung Museum Bank Indonesia, terdapat sebuah prasasti berwarna merah keabu-abuan dengan tulisan yang berwarna emas. Prasasti ini dibuat pada saat dilakukan renovasi gedung De Javasche Bank pada tahun 1922. Saat kunjungan ke Museum ketika itu, saya berkesempatan untuk menjelaskan tentang prasasti tersebut ke salah satu pengunjung museum. Berikut adalah link video penjelasan saya tentang artefak tersebut:


Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Museum_Bank_Indonesia

                                                                                                                                                  

No comments:

Post a Comment