Friday, 31 May 2013

Tugas 2 (Mulok) - Naila Rana Andira XI IPA 2



Museum Bank Mandiri

                Pada hari Sabtu, 25 Mei 2013 saya bersama 8 orang teman saya yang lain pergi ke Museum Bank Mandiri. Mereka adalah Safira Azaria XI IPA 2, Nadia Rahmadiani, Izza Hafiz Hilmi, Ravinda Putri, Kahfi Ramadhan, Taufik Ramadhanu, Fikry Khairytamim dan Faisal Putra dari XI IPA 4. Karena kami dating pada hari libur nasional yaitu tepatnya pada hari waisak maka banyak museum yang tutup. Tetapi tidak untuk Musum Bank Mandiri.
                Museum Bank Mandiri terletak di Jl. Lapangan Stasiun No. 1, Jakarta Barat dan merupakan salah satu bagian dari cagar budaya Kota Tua di Jakarta.
            Berdiri tanggal 2 Oktober 1998. Museum yang menempati area seluas 10.039 m2 ini pada awalnya adalah gedung Nederlandsche Handel-Maatschappij (NHM) atau Factorji Batavia yang merupakan perusahaan dagang milik Belanda yang kemudian berkembang menjadi perusahaan di bidang perbankan.
Nederlandsche Handel-Maatschappij (NHM) dinasionalisasi pada tahun 1960 menjadi salah satu gedung kantor Bank Koperasi Tani & Nelayan (BKTN) Urusan Ekspor Impor. Kemudian bersamaan dengan lahirnya Bank Ekspor Impor Indonesia (BankExim) pada 31 Desember 1968, gedung tersebut pun beralih menjadi kantor pusat Bank Export import (Bank Exim), hingga akhirnya legal merger Bank Exim bersama Bank Dagang Negara (BDN), Bank Bumi Daya (BBD) dan Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo) ke dalam Bank Mandiri (1999), maka gedung tersebut pun menjadi asset Bank Mandiri.
Disini terdapat banyak hal-hal yang berkaitan dengan bank seperti mesin ketik, brankas, buku besar, kalkulator, sempoa dan masih banyak lagi. Disini saya menjelaskan tentang mesin ketik manual kepada seorang pengunjung yang sedang mengunjungi museum bank mandiri.


Mesin ketik manual umumnya menggunakan 39 buah tombol yang menggerakkan cetakan huruf, angka, tanda baca dan hitungan. Didalam mesin tik terdapat pita karbon yang bergerak sehingga dapat menghasilkan cetakan tulisan pada kertas. Mesin ketik elektrik mulai digunakan pada era 1960-an. Para pegawai bank sudah tidak menggunakan mesin ketik lagi pada awal 1990-an karena telah diganti fungsinya dengan Personal Computer.

Berikut adalah video selama kami di museum :



No comments:

Post a Comment