Friday, 31 May 2013

Tugas 2 (Mulok) - Rayhan Sri Bayu N XI IPA 1

Monumen Nasional
Di bagian dasar Monumen Nasional pada kedalaman 3 meter di bawah permukaan tanah, terdapat Museum Sejarah Nasional Indonesia. Ruang besar museum sejarah perjuangan nasional dengan ukuran luas 80 x 80 meter, dapat menampung pengunjung sekitar 500 orang. Ruangan besar berlapis marmer ini terdapat 48 diorama pada keempat sisinya dan 3 diorama di tengah, sehingga menjadi total 51 diorama. Diorama ini menampilkan sejarah Indonesia sejak masa pra sejarah hingga masa Orde Baru. Diorama ini dimula dari sudut timur laut bergerak searah jarum jam menelusuri perjalanan sejarah Indonesia; mulai masa pra sejarah, masa kemaharajaan kuno seperti Sriwijaya dan Majapahit, disusul masa penjajahan bangsa Eropa yang disusul perlawanan para pahlawan nasional pra kemerdekaan melawan VOC dan pemerintah Hindia Belanda. Diorama berlangsung terus hingga masa pergerakan nasional Indonesia awal abad ke-20, pendudukan Jepang, perang kemerdekaan dan masa revolusi, hingga masa Orde Baru pada masa pemerintahan Suharto.
Pada hari Sabtu tanggal 25 Mei 2013 lalu, saya bersama 3 orang teman saya, Aqil A. Reksoprodjo , Ganendra Arya dan Rayhan Sri Bayu pergi ke Museum Nasional yang beralamatkan Jl. Medan Merdeka Barat 12, 10110 dan berada dibawah Monas. Tepat pada hari itu, terdapat hari libur nasional yaitu Hari Libur Waisak. Karena kebanyakan dari museum yang ingin kami kunjungi mulai dari museum polri hingga museum gajah sudah tutup. Salah satu pilihan yang tersisa hanyalah Museum Nasional.
 
Saya bersama Harvan, Ganen dan Aqil



Ketika saat itu, karena hari sabtu tersebut merupakan hari libur nasional maka Museum Nasional ini kedatangan banyak pengunjung dan wisatawan yang sekedar ingin melihat atau mengerjakan tugas seperti kami. Gambar disamping merupakan salah satu artefak miniatur Monumen Nasional Indonesia yaitu Monas. Orang yang kami bawa untuk mengerjakan tugas ini adalah ayah saya, Bapak Ade. 
Tujuan kami saat mengunjungi Monas pertama kali adalah untuk mengerjakan tugas, tetapi karena salah satu dari kami ingin melihat Jakarta dari atas Monas maka bersamaan dengan mengerjakan tugas kami ingin naik ke tugu Monas. Tetapi sangat disayangkan, karena ramainya pengunjungpun membatasi kemungkinan kita untuk melakukan hal tersebut. 
Berikut adalah link video dokumentasi penjelasan diorama yang saya lakukan di Monumen Nasional: http://www.youtube.com/watch?v=oR4LESzrs08


No comments:

Post a Comment