Friday, 31 May 2013

Tugas 2 (Mulok) - Rizky Agung Prabowo XI IPA 2


Pada Hari Selasa, 28 Mei 2013, saya bersama teman-teman dari XI IPA 2 pergi mengunjungi Museum Nasional Indonesia, atau lebih akrab dikenal dengan Museum Gajah. Disebut Museum Gajah karena terdapat patung gajah di depan museum ini. Museum ini terletak di Jl. Merdeka Barat 12, Jakarta Pusat. 

Museum Nasional yang merupakan salah satu gedung peninggalan kolonial Belanda ini adalah sebuah lembaga studi warisan budaya dan pusat informasi edukatif kultural dan rekreatif yang berperan untuk menyelamatkan dan melestarikan benda warisan budaya bangsa Indonesia. Hingga saat ini koleksi yang dikelola berjumlah 141.899 benda, terdiri atas 7 jenis koleksi yaitu prasejarah, arkeologi, keramik, numismtik-heraldik, sejarah, etnografi dan geografi.

Museum pertama dan terbesar di Asia Tenggara ini diresmikan pada tahun 1868 oleh Persatuan Kesenian dan Ilmu Pengetahuan Batavia, tapi secara institusi Museum ini lahir pada tahun 1778, saat pembentukan Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen oleh pemerintah Belanda (sekarang Lembaga Kebudayaan Indonesia).

Setibanya disana, saya dan teman-teman menuju ke loket untuk membeli tiket masuk ke museum. Karena kami menggunakan seragam sekolah, kami mendapat potongan harga menjadi 2 ribu rupiah. Setelah masuk, saya langsung menuju ke bagian kanan museum. Saya cukup tertarik dengan bagian ini, karena design-nya berbeda dari bagian museum lainnya. Design yang diperlihatkan terkesan lebih modern. Bagian ini terdiri dari 3 lantai dan saya langsung menuju ke lantai 2. Di lantai 2, kita disuguhkan dengan berbagai macam prasasti di bagian depan. Salah satunya adalah Prasasti Mulawarman dan Prasasti Kota Kapur. Kedua prasasti ini cukup menarik bagi saya, sehingga mendorong saya untuk menjelaskan lebih lanjut tentang Prasasti Mulawarman dan Prasasti Kota Kapur.

Prasasti Mulawarman 
Prasasti Kota Kapur

Berikut adalah link video penjelasan : 




No comments:

Post a Comment