Friday, 31 May 2013

Tugas 2 (Mulok) - Teuku Fazhamy Rafiandra XI IPA 3



"Berkunjung ke Museum, Berkunjung ke Masa Lalu."

     Pada tanggal 26 Mei 2013, saya bersama ayah saya berkenan mengunjungi salah satu museum yang menyimpan berbagai peninggalan sejarah Indonesia yang berlokasi di Jalan Gatot Soebroto. Museum ini bernama Museum Satria Mandala. Museum ini dikelola oleh Pusat Sejarah Tentara Nasional Indonesia (TNI).
       Museum ini diresmikan pada tanggal 5 Oktober 1972 oleh Presiden Soeharto. Dulunya, museum ini merupakan Wisma Yasoo, yaitu sebuah wisma yang didirikan Presiden Soekarno untuk istrinya yang berkewarganegaraan Jepang, Ratna Sari Dewi, dan juga tempat yang menjadi persemayaman terakhir bagi Presiden Soekarno saat ia wafat.
       Museum ini menyimpan berbagai koleksi benda-benda peninggalan sejarah mulai dari masa kemerdekaan, terutama benda-benda yang berhubungan dengan dunia kemiliteran, seperti senjata, rudal, peluru, replika pesawat tempur, dan lain lain. Selain itu juga terdapat Museum Waspada Purbawisesa yang menyimpan diorama perjuangan TNI melawan pemberontakan yang terjadi di Indonesia. Terdapat pula foto-foto, replika panji-panji kehormatan TNI, tanda-tanda kepangkatan TNI, dan atribut-atribut TNI lainnya.
       Berikut merupakan dokumentasi foto dari museum tersebut:










        
Dan berikut adalah cuplikan video saat saya menjelaskan salah satu pojok yang ada di museum ini:

http://www.youtube.com/watch?v=6DYPqM-PMX8

No comments:

Post a Comment