Thursday, 30 May 2013

Tugas Mulok - Inayah Chaerunnisa XI IPA 1


Museum Polri

Pada hari Minggu 19 Mei 2013, saya Inayah Chaerunnisa pergi ke Museum Polri dalam rangka memenuhi tugas Muatan Lokal. Saya mengajak kakak saya ke museum polri untuk menjadi orang yang saya tour-guide kan.
Untuk mengenang sejarah dan mendalami tentang kepolisian Indonesia, Polri mendirikan sebuah musem yang dinamakan Muem Polri. Letak museum ini ada di Jl. Trunojoyo No. 3 Kebayoran Baru - Jakarta Selatan.
Ide pembangunan Museum Polri dicetuskan oleh Kapolri Jenderal Polisi Bambang Hendarso Danuri dengan tujuan melestarikan nilai-nilai kesejarahan Kepolisian Negara Republik Indonesia dan pewarisannya kepada generasi mendatang. Polisi Indonesia adalah polisi pejuang sejak dicetuskannya Proklamasi Kemerdekaan RI. Deklarasi Polisi Istimewa di Surabaya tak lama setelah proklamasi kemerdekaan dilanjutkan dengan konsolidasi organisasi kepolisian yang bersifat nasional pada 1 Juli 1946 oleh Kepala Kepolisian Negara Jenderal Polisi R.S. Soekanto menjadi dasar keunikan sejarah Kepolisian Negara Republik Indonesia dibanding institusi kepolisian negara-negara lain.
Bagaimanapun, tema kesejarahan tersebut disusun dalam sebuah sudut pandang yang menyajikan tema besar tentang upaya POLRI dalam menyelenggarakan keamanan dan ketertiban serta dinamika internal-eksternal yang mempengaruhi sosok lembaga kepolisian RI. Melalui Museum Polri, diharapkan muncul gambaran tentang watak kelembagaan POLRI yang semakin modern, profesional, dan mandiri sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman.
Berikut adalah videonya:

No comments:

Post a Comment